Kopi Indonesia

kopi
Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di Dunia. Bukanlah hal yang mengherankan karena kopi dari Indonesia sudah tenar sejak dulu. Ini karena didukung oleh iklim indonesia yang cocok untuk budidaya tanaman yang awalnya berasal dari Afrika ini, meski di awal tanaman ini diuji coba ditanam di Indonesia beberapa varietas tidak tahan terhadap serangan hama.

Java bahkan sudah identik dengan kopi, sebutan yang dipakai untuk kopi yang dihasil dari perkebunan di pulau jawa. Kopi masuk Indonesia dibawa Belanda saat jaman kolonial, perkebunan Belanda tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Selain Belanda yang menanam kopi di Indonesia ada Portugis yang menanam kopi di daerah koloninya Timor dan Flores.

Berikut ini nama-nama kopi indonesia yang ketenarannya sudah sejak jaman Belanda:

  • Java Coffee
    Dari namanya jelas kopi ini berasal dari madura.. ;) hahaha.. jawa lah. Saking terkenalnya Java Coffee, Java meski yang dimaksud adalah pulau jawa tapi orang di amerika dan eropa mengenal kata java sangat identik dengan kopi. Java inipun dipakai Sun Microsystem untuk menamai product bahasa pemogramman dengan logonya sebuah cangkir kopi. Saat ini penghasil kopi di pulau jawa ada di daerah jawa timur seperti di pegunungan Ijen, daerah Batu Malang, di jawa tengah di Banaran, dan banyak daerah lainnya.
  • Toraja Coffee
    Jelas juga, ini kopi dari daerah Toraja Sulawesi, kopi dari daerah ini umumnya berjenis Arabica yang memang lebih cocok tumbuh di dataran tinggi.
  • Gayo Coffee
    Adalah kopi dari daerah dataran tinggi Gayo, Aceh Sumatera.
  • Mandheling Coffee
    Adalah kopi dari daerah Madheling Sumatera Utara.
  • Lintong Coffee
    Adalah kopi dari daerah Lintong Sumatera.
  • Luwak Coffee
    Kopi ini dihasilkan dari berbagai daerah meski Luwak adalah bahasa jawa, adalah kopi yang telah dimakan Luwak(musang) dimana biji kopi yang tidak bisa dicerna oleh musang diambil dari kotorannya diolah menjadi kopi dengan cita rasa yang khas. Umumnya adalah jenis kopi Arabica.

Demikian, nama-nama jenis kopi yang dihasilkan dari perkebunan di Indonesia tersebut sampai saat ini dikenal sebagai jenis-jenis kopi unggulan di Dunia.

Dan demikian, Kita harusnya lebih tahu tentang kopi...

Untuk artikel lebih banyak yang membahas tentang produk kopi di indonesia anda bisa mengunjungi website bironk di alamat berikut : kopi terbaik indonesia
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Kopi Indonesia
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

2 comments:

Nola said...

boleh juga infonya, jadi ngeh ini..
mari kita ngopi ^^

Niesa said...

klo kopi joss asi indonesia bukan ya...? ^^

Popular Posts