Popular Posts

Software Desain Grafis, Referensi Pemula

adobe photoshop
Sebagai pemula, yang dimaksud adalah orang yang memulai belajar desain grafis biasanya selalu bertanya software apa yang wajib dikuasai seorang desain grafis? Sebaiknya software apa yang perlu saya pelajari di awal sebagai pemula.
Berikut ini saya berikan sedikit pandangan mengenai sofware desain grafis, apa saja yang selayaknya dikuasai, tapi tentunya dari pandangan saya pribadi.
Desain grafis itu sendiri kalau diartikan dari namanya adalah desain yang berakhir dengan proses cetak. Menurut perkembangannya banyak hal yang berhubungan dengan komunikasi visual merupakan pengembangan dari bisang ini, termasuk juga dengan media digital seperti web design yang sebenarnya tidak melalui proses cetak.

Kembali ke sofware desain grafis, sebenarnya semua sofware desain mempunyai kemampuan dalam Dekstop Publishing, namun masing-masing mempunyai kekhususan mengolahan media tertentu. Istilah desktop publishing ini adalah proses pembuatan media komunikasi untuk biasanya dibuat daam media cetak yang diakukan dengan komputer.

Media yang diolah dalam sebuah proses desktop publishing, atau maksudnya adalah proses mendesain adalah text, gambar/foto, dan elemen bentuk.
Masing-masing software punya kekhususan dalam pengolahan media, biasanya dibedakan berdasarkan teknis penyimpanan atau pengolahan data digitalnya. Secara mendasar software desain grafis bisa dibedakan menjadi tiga golongan yaitu; pengolah vector, pengolah bitmap dan dekstop publishing.

Pengolah Vector:
Sofware ini khusus untuk mengolah gambar vector, meski juga dilengkapi dengan fitur pengolahan bitmab tapi itu tidak secanggih fitur yang dipunyai software pengolah bitmab.
Sebagai informasi, dengan menguasai software ini saja ada sudah bisa membuat sebuah desain untuk brosur, poster dan lain-lain.
Software yang populer dalam kategori ini adalah Adobe Ilustrator, ada juga yang masih memakai Macromedia Freehand (harusnya sudah menjadi Adobe Freehand kalau masih dikembangkan oleh pihak Adobe). Selain itu di indonesia juga populer Corel Draw.
Tapi saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan Adobe Ilustrator, karena software ini juga banyak dipakai di negara lain, ini akan memudahkan anda jika nanti bekerja untuk lingkup internasional.

Pengolah Bitmap:
Adalah dikhususkan sebagai pengolah gambar bitmap seperti foto. Sebenarnya dengan software ini saja anda bisa membuat subuah desain poster, namun lebih disarankan sofware ini hanya dikususkan untuk mengolah media bitmap dan kemudian diolah atau ditata kembali di software pengolah vector atau desktop publishing untuk membuat misalnya sebuah desain poster.
Sofware yang populer dalam kategori ini adalah Adobe Photoshop. Ada banyak software dalam kategori pengolah bitmap tapi saya menyarankan anda untuk menggonakan Adobe Photoshop karena secara umum orang sudah standar menggunakand software ini.

Desktop Publishing:
Adalah software yang mengolah tata letak text dan gambar, lebih banyak fitur untuk pengolahan text, lebih sering digunakan untuk pengolahan layout seperti halaman majalah.
Software yang saya sarankan untuk anda pelajari adalah Adobe In Design.

Demikian referensi sorfware design yang paling tidak anda pelajari sebagai designer grafis pemula.
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Software Desain Grafis, Referensi Pemula
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

4 comments:

Wira Panji said...

Thanks infonya ya, aku masih pemula ni, masih harus banyka belajar.

Eva said...

Tidak salah jika banyak orang yang memprediksikan bahwa industri desain grafis akan maju dan maju. So, pendapat ini bukan tanpa alasan, setiap hari selalu tumbuh perusahaan-perusaan kecil dan menengah serta semakin banyak produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan mereka. Perusahaan yang sudah besar pun semakin memperkuat produk mereka dengan menciptakan produk-produk baru.

Mereka semua memerlukan sebuah alat untuk mempromosikan produk mereka yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak yang mereka butuhkan seperti Brosur, Iklan, kartu nama, atau logo-logo baru untuk perusahaan atau anak perusahaan mereka. Media elektronik seperti iklan di website atau bahkan membuat website sendiri itu juga memerlukan seorang desainer juga. Nah, ini semua adalah salah satu bukti bahwa industri desain grafis akan terus berkembang. So, apa pendapatmu?

w8lu said...

pendapatku, ni orang yg pake nama Eva, banyak banget bikin backlink.. ;)
oke lah gpp...

Caroline said...

Betul kata kakak, menggunakan illustrator banyak keutungannya. Satu software dalam paket adobe bisa saling terkoneksi dan selain itu jika berminat untuk cari uang dengan menjual desain di website berbahas inggris biasanya meminta format file ai atau eps.

Kadang kalau dibuat dari coreldraw yang kemudian di export desain jadi berubah dari aslinya. Thank buat infonya ya kak. :)