Umbi Ganyong

Ganyong adalah nama sejenis umbi-umbian, nama ganyong ini adalah dalam bahasa Jawa bisa berbeda di tiap daerah. Bentuk dan rupanya seperti lengkuas, namun lebih besar, daging umbinya warna putih berserat. Orang Jawa mengkonsumsi layaknya ubi jalar dan sejenisnya.
Tumbuhan ganyong lebih tinggi dari lengkuas sekitar 1 meter atau lebih, hidup dalam rumpun, daun lebar dan lebih lebat.
Saya tidak tahu pasti jenis dan nama latin tumbuhan ini, namun artikel ini akan saya update segera setelah mendapat pengetahuan lebih mengenai umbi ganyong ini.

Saat tulisan ini dibuat warga kampung di Jawa masih mengkonsumsinya, namun seperti umbi-umbian khas lain intensitasnya sudah berkurang. Penyebabnya selain sudah banyak jenis makanan modern, saat ini susah mencari ganyong di pasar, dan tidak banyak pemilik lahan yang menanam ganyong.

Artikel ini salah satu upaya saya untuk mengenalkan tumbuhan/makanan khas indonesia. Jika kamu mempunyai penjelasan lebih detail/ilmiah mengenai tumbuhan pangan ini, silahkan diemail ke saya di: nietalutu [at] yahoo.co.id
Saya akan edit artikel ini sesuai dengan penjelasan kamu, tentunya juga dengan kredit nama kamu sebagai penulis.
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Umbi Ganyong
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

No comments:

Popular Posts