Popular Posts

Cara Pasang Adsense di dalam Posting Blogspot

Ini tips untuk para pemula loh, untuk para master nuwun sewu ya.. ^^
Blogger sebenarnya sudah menyediakan Widget untuk memasang adsense di blog kita. Namun ada beberapa kesulitan timbul ketika kita ingin memasang adsense di tengah posting, misal di awal posting setelah judul atau di bawah posting sebelum post-footer.

Kasus ini timbul karena widget bawaan google itu hanya bisa dipasang di sidebar, header, footer, atau di atas/bawah post-wraper, atau diantara posting yang kalau masuk ke postingan iklannya terlalu jauh di bawah comment (mana ada yang lihat?!).

Dan kesulitan timbul ketika kamu perlu memasukan adsense di tenggah posting, karena menurut analisismu kemungkinan visitor akan seneng meng-klik itu iklan, karena posisi menentukan rejeki... ;)
Tips ini berlaku selama blogger belum mengembangkan dashboard admin yang memang memungkinkan memasukan adsense di tengah posting secara otomatis (bukan manual)

Kasusnya adalah ketika kita berusaha menaruh adsense tadi, ada pesan error ketika kita save templatenya, atau tidak ada error tapi iklannya gak muncul. Hal ini terjadi biasanya cuman karena kesalahn format XML saja.
Dan semoga asumsi saya benar demikian, dan itu memang masalah kamu saat ini.. ;) itu artinya masih berguna meneruskan membaca tutorial ini.. ^^
Tapi itu tadi untuk kasus yang sudah mencoba memasukan script di edit template. Kemungkinan ada yang belum mecoba sama sekali. Berikut ini saya jelaskan satu persatu langkahnya.

Cara Pasang adsense di dalam Posting Blogspot

1).
Masuk ke admin adsense anda, buat adsense di My Ads, copy script adsensenya.

2).
Berikutnya adalah, karena ada beberapa kode script yang bertabrakan dengan format XML template.
Kita rubah semua tanda lebih kecil/besar, tanda petik, menjadi kode HTML. Tidak perlu manual ada yang berbaik hati membuat converter-nya, silahkan akses alamat ini>> adsense converter.
Masukan script Adsense anda tadi lalu klik convert ad code, kemudia copy hasil convertnya.

3).
Kemudian masuk ke blogger, masuk ke Design/Layout, lalu masuk ke edit HTML, centang Expand Widget.

4).
Cari script di bawah berikut, pakai find (Ctrl+F) lebih mudah.

<div class='post-body entry-content' expr:id='&quot;post-body-&quot; + data:post.id'>

5).
Tulis script di bawah ini, tepat di bawah script di no 4.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div>
[...script hasil covert adsense kamu...]
</div>
</b:if>

keterangan:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
script tersebut fungsinya untuk membatasi kalau iklan hanya muncul ketika di halaman posting.
Kalau maunya muncul di posting dan page ganti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>

berikutnya disave, dan coba dulu deh..

Kalau mau konten kamu float ke kiri, tambahin style di div kaya gini:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style="padding:0; margin:0 10px 10px 0; width:250px; height:250px; float:left;">
[...script hasil covert adsense kamu...]
</div>
</b:if>

itu asumsinya kamu mengunakan ukuran adsense 250x250px loh, ya maksudnya kalau kurang gede ya digedein.. gitu! hehe... ;)

itu untuk contoh kalau taruh iklan di bawah judul/di atas content, kalau maunya di tengah atau di bawah, cari sendiri ya.. makin banyak mencoba ntar pasti lebih pinter... ;)

Seperti biasa, kalau memang artikel ini berguna, kamu bisa kasih link ke artikel ini, atau share saja artikelnya di FB atau twitter siapa tau ada temen kamu yang juga butuh..

selamat mencoba ya, good luck... ^^
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Cara Pasang Adsense di dalam Posting Blogspot
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

6 comments:

iskaruji dot com said...

cuma mayu titip link sebagai jawaban komentar di sobat di blog saya...thanks

http://www.iskaruji.com/2011/10/dagelan-halaman-answer9727-bantuan.html

agfian said...

masih berusaha agar diterima google, :D

jpaja said...

gk bisa...

jono said...

thanks yo boss,
akhir pas dah posisinya.. semoga banyak yg klik ;)

ophiee said...

awas ke banned id adsense anda tanyakan dulu di forum adsense

Rahasia ADSENSE said...

TIPS yang menarik gan!