Membuat Website bagi Usaha Kecil

Artikel ini saya buat untuk menjelaskan, dan lebih banyak adalah sebuah tips untuk Anda yang mempunyai usaha kecil. Booming dunia internet jelas pernah Anda dengar mampu juga membuat sebuah usaha menjadi maju pesat, di lain pihak banyak usaha yang mempunyai website tapi biasa2 saja.

Banyak hal memang yang mempengaruhi bagaimana website bisa meningkatkan usaha, dan tidak bisa saya jelaskan secara detail karena semua tergantung kondisi dan kasusnya. Tapi bagi anda pemilik usaha yang ingin membuat website, bisa saya jelaskan beberapa tips dan saran di bawah ini.

Saran Membuat Website bagi Usaha Kecil

  1. Untuk usaha yang masih baru mencoba mempromokan usahanya lewat internet, gunakan dulu layanan pembuatan website gratis. Memang menggunakan nama domain berbayar seperti .com .net .co.id itu bisa menaikan citra usaha/produk anda. Tapi bagi anda yang belum mengerti bentul bagaimana memanfaatkan media internet dalam usaha, baiknya anda gunakan layanan gratis dulu.

  2. Buat website gratis di layanan web gratis berikut: multiply.com, webly.com, wordpress.com. Tapi saya lebih menyarankan menggunkan blogger.com, karena ini punya Google, hehe.. ya bukan semata-mata karena itu, banyak hal lain yg tidak bisa saya jelaskan, terlalu banyak.
    Blogger/Blogspot sebenarnya layanan website gratis bertipe blog, tapi tidak apa-apa jika untuk web profil usaha, blog juga bagus jika anda sering update dengan review produk anda terbaru.

  3. Siapkan tulisan yang bagus untuk penjelasan usaha anda, siapkan tulisan untuk halaman ini: profil, produk, contact, dan halaman lain yang anda anggap perlu. Intinya jelaskan dengan singkat tapi jelas, mengenai usaha dan produk atau jasa anda, ini sangat penting, bayangkan info apa saja yang mungkin calon pelanggan anda cari.

  4. Siapkan foto-foto yang bagus, foto yang bagus lebih dipercaya orang dari pada penjelasan yang rumit.

  5. Untuk membuat website blog baru anda tinggal masuk ke alamat www.blogger.com. Kalau anda sudah punya email google, anda tinggal login menggunakan account google anda. Kalau anda belum punya aacount google, anda tinggal sign up. Proses pendaftaranya sangat mudah anda tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

  6. Berikutnya adalah membuat alamat blog anda tadi, usahakan sesuai dengan jenis usaha anda. Memberi nama blog anda, inipun harus sesuai dengan usaha anda, ini penting agar usaha anda mudah dikenali di internet. Misal jika produk anda adalah batik dari solo dan nama merk anda adalah 'Ayu' buatlah nama seperti ini "Batik Solo Ayu".

  7. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih template design. Ini berkenaan dengan bagaimana penampilan blog anda nanti.

  8. Langkah-langkah membuat blog tadi sebenarnya mudah, anda hanya perlu teliti pelan2 mengikuti petunjuknya.
    Kalau anda sangat awam dengan internet, saya lebih menyarankan mengunakan jasa para mahasiswa yang masih kuliah, mereka kebanyakan sudah paham membuat blog gratis ini, dengan jasa mungkin 500rb mereka sudah mau. Tapi saya tetap menyarankan bahwa anda juga berusaha mengerti, ini penting untuk pengembangan strategi pemasaran usaha anda ke depan.

  9. Berikutnya jika anda sudah mempunyai website, taruhlah alamatnya di kartu nama, kop surat, dll. Website anda bisa berfungsi sebagai brosur usaha anda, katalog produk, dan bisa dibuka kapan saja di mana saja, tidak pernah lecek atau rusak, bisa anda perbaruhi kapan saja.
Nantinya jika dirasa web memang sangat banyak manfaatnya bagi perkembangan usaha, membuat website yang lebih serius mungkin bisa dipertimbangkan.
Keuntungan uji coba dahulu menggunakan web gratis, tidak banyak keluar biaya, kita akan banyak mengetahui kelebihan dan kelemahan website, akan banyak mengetahui fitur-fitur apa saja yang sebenarnya dibutuhkan sesuai jenis usaha kita.

Pengetahuan/pengalaman selama mengunakan website gratis ini nantinya bisa jadi modal utama buat kita untuk membuat website yang memang sesuai dengan usaha kita, dengan fitur-fitur yang memang berguna. Hal ini memang sangat perlu dipertimbangkan mengingat membuat website dengan fitur khusus itu tidak murah.

Semoga berguna saudara... ^^
NB: bagi anda yang perlu kosultasi mengenai hal ini, bisa menghubungi saya melalui email, lihat alamat email saya di halaman contact.
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Membuat Website bagi Usaha Kecil
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

No comments:

Popular Posts