Popular Posts

Pohon Daluman, Cincau

Daluman adalah bahasa bali untuk menyebut cincau. Cin cau ada juga yang menyebut camcao adalah sejenis agar-agar yang dibuat dari daun tumbuhan. Cincau sering dinikmati sebagai campuran es buah, cendol, atau bisa saja dinikamti sendiri dengan kuah santan dan sirup atau gula merah.

Posting ini saya buat sebagai referensi saja bagi anda yang belum pernah melihat bentuk dari daun daluman atau cincau. berikut saya sertakan foto-fotonya..

Cara membuat cincau :
  • Ambil sejumlah daun cincau sesuai kebutuhan, untuk satu mangkok mungkin 10 lembar cukup, anda bisa berpraktek langsung untuk nanti bisa mengetahui julah pasnya.
  • Pilih daun yang tidak terlalu mudah, dan tidak terlalu tua (pengalaman saya daun yang terlau tua, cincau yang dihasilkan akan banyak mengeluarkan air). Daun yang muda mempunyai serat lebih bagus, tapi jangan gunakan yang masih terlalu muda.
  • Cuci bersih daun, kemudian siram dengan air panas untuk membuat daun agak lembek dan lebih steril.
  • Taruh daun dalam baskom, campur dengan air matang dingin secukup, remas2 daun hingga keuar lendirnya. Langkah ini sama seperti membuat santan kelapa.
  • Kemudian peras dan saring degan saringan santan ke dalam baskom cetakan. Ulangi beberapa kali sampai lendir sudah tidak begitu kental lagi.
  • Biarkan air hasil perasan tadi dalam baskom, biasanya 20 sampai 30 menit sudah siap.
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Pohon Daluman, Cincau
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

1 comment:

febrina utami putri said...

what a great review about cincau! i never thought of making 1 myself though :(