Perhiasan Perak Kotagede Yogyakarta

Anda pasti sudah mengetahui bagaimana perhiasan perak Bali begitu sangat populer di Dunia, harganya pun di pasaran dunia cukup tinggi dibanding desain perhiasan perak lain. Ini karena kwalitas desain perak dari bali memang bagus dibanding dari negara lain manapun, desain yang unik, meski kadang desain dengan sentuhan modern tapi unsur etnik bali pada ornamen dan motifnya tidak pernah hilang.

liontin perak jogja
Tapi perhiasan dari Indonesia berdesain khas etnik tidak hanya dari Bali. Jogja juga punya sentra kerajinan perak, perhiasan perak kotagede meskipun kalah populer dibanding dengan perak di Bali tapi tidak kalah secara kwalitas. Soal popularitasnya di dunia mungkin karena nama Bali lebih dikenal. Nah apa kelebihan dari perhiasan perak yogyakarta ini..?

Ditinjau dari desain motif dan ornamen, jelas kedua tempat ini menghasilkan desain perhiasan perak yang berbeda. Namun yang menjadi perbedaan juga soal teknik yang dipakai, perhiasan perak Jogja umumnya menggunkan teknik Filigree atau Trap, meski kadang juga ditemukan teknik solid.

Filigree adalah sebuah teknik membentuk desain perhiasan dari logam, dengan membuat benang-benang dari logam untuk membentuk desain perhiasan yang diharapkan.

bross perak jogja
Pusat kerajinan perak di Jogja berada di kawasan Kotagede, sebuah daerah di tenggara kota Jogja (sekitar 15 menit menggunakan mobil dari Malioboro) merupakan bekas Ibukota kerajaan Mataram Islam. Untuk berburu perhiasan perak di Kotagede banyak sekali toko yang menjual perhiasan perak khas Jogja ini. Tidak susah mencari toko-toko yang menjual perak, dari toko dengan merk perhiasan perak yang punya nama besar sampai toko-toko kecil tersebar di sepanjang jalan di Kotagede, seperti di jalan Kemasan atau Tegalgendu. Atau kalau anda juga punya jiwa petualang ;) anda bisa masuk menelusuri jalan-jalan kampung, disana juga terdapat banyak pengrajin kecil yang membuka toko perhiasan peraknya sendiri, di pengrajin kecil ini kemungkinan anda bisa mendapatkan harga miring. Tidak sedikit pula para pengrajin ini juga memberikan paket wisata kursus membuat kerajinan perhiasan perak, tentunya menarik bukan membuat sendiri perhiasan kita? atau untuk kita berikan ke orang tersayang kita.

Untuk anda yang tidak sempat jalan-jalan ke Kotagede, mungkin bisa belanja perhiasan perak jogja di situs berikut ini : perhiasan perak jogja
Koleksi perhiasan perak-nya ekslusif karena dekerjakan secara handmade oleh pengrajin asli Kotagede Yogyakarta dengan skill turun-temurun puluhan tahun.

Kotagede, daerah yang layak dikunjungi karena banyak situs peninggalan sejarah kerajaan Mataram Islam, dan tentunya untuk berburu perhiasan perak yang unik.. ;) mari ke Jogja...
Kalau suka artikelnya, Monggo silahkan di-share karena mungkin manfaat buat teman Anda:
Perhiasan Perak Kotagede Yogyakarta
9 out of 10
based on 1829 ratings.
8 user reviews.

No comments:

Popular Posts